Sunday 16 October 2011

telusur Jabar part 1

yiiiihaaaa udah lama euy gak nulis blog ;p maap yaaa, kelamaan mainan sama tumblr nih :D

so, what's new to write now?

saya mau bercerita tentang pengalaman menakjubkan di Bandung, weekend kemarin. ini yang bagian pertama dulu yaaa :D

jadi selama 2 hari 1 malam di Bandung kemarin, saya berpetualang naik motor fulsar sama para biker dari Bogor. ya gak banyak2 amad sih bikernya, cuma 3 orang kok :) petulangan kami dimulai hari Sabtu pagi. jam 7.30 pagi rombongannya mas Wahyu dateng ke kosan bersama 2 orang teman biker-nya, setelah ngopi2 bentar dan selonjoran, jam 9.30 kami pun cabcus memulai petualangan. sebelum berangkat, sudah diputuskan kami akan menuju Caringin Tilu, sebuah kawasan hutan pinus (katanya) yang letaknya di daerah Padasuka. tapiiii...begitu sampai di jalan Soekarno Hatta, ternyataaa muaceetttnya gak santai banget! akhirnya, kami pun memutuskan untuk berganti tujuan ke kawasan Ciwidey, menuju Kawah Putih :)

perjalanan menuju Ciwidey ternyata lumayan berat (bukan karna mboncengin saya kan, mas?;p) jalanannya cukup menguji nyali. tanjakan, tikungan, dan kontur jalan yang gak rata. untungnya saya diboncengin sama biker yang handal ;) setelah sempat mampir ke pom bensin, kasih minum si sarah (fulsar merah, motornya mas Wahyu ;p), tepat jam 11.45 kami sampai di kawasan Kawah Putih Ciwidey. well, bukan pas di kawahnya sih, baru sampe gerbangnya doang ;p kenapa kami gak masuk ke kawahnya? karena berdasarkan hasil wawancara dengan penduduk sekitar situ, jalan menuju ke kawah masih 6 km-an, jalannya menanjak pula daaan dapat dipastikan di kawah sana pasti ruameeenyaaa bukan main. akhirnya, kami cuma foto2 di depan gerbangnya ;p ya gpp lah ya, yang penting kan judulnya ada tulisan "Kawah Putih" ;p foto2 udah, mampir makan siang, sholat zuhur, dan akhirnya memutuskan melanjutkan perjalanan ke Situ Patengan (kalo kata mas Wahyu: Patenggang ;p).

jam 13.30 kami beranjak ke Situ Patengan. perjalanan menuju ke sana gak terlalu jauh kalo dari Kawah Putih (kalo dari Jakarta sih jauh banget ;p). sepanjang perjalanan, mata kami dimanjakan oleh pemandangan kebun teh yang indaaaaah buanget. terutama kebun teh di sekitar bumi perkemahan Ranca Upas, wuiiiihhhh! pemandangan sebagus itu, sayang dong ya kalo gak diabadikan? jadilah kami mampir di sekitar kebun teh, ya buat apa lagi kalo bukan berfoto ria? ;p puas foto2 di kebun teh, kali ini kami serius beranjak ke Situ Patengan (akhirnyaaaaa :D)

ada dua cara masuk ke Situ. ada jalur ilegal, ada juga jalur legal. gak tau sih bedanya apa, tapi kami memutuskan untuk masuk lewat jalur yang legal aja. tiket masuknya lumayan mahal, Rp.33.000 untuk 3 motor. rinciannya: 1 motor isi 2 orang kena Rp.18.000, yang 2 motor lagi, karna gak boncengan jadi kena Rp.15.000 berdua. masuk ke area Situ lumayan jauh dari gerbangnya ternyata. dan, sempat berhenti pula buat apa lagi kalo bukan foto2? ;p

tepat jam 15.00 kami sampai di Situ Patengan. parkir, liat2 sekitar, kami pun berjalan menuju area Situ melewati pedagang-pedangang souvenir dan strawberry. sebenernya sih, Situ Patengan ini gak berbeda jauh dengan Situ2 lain yang pernah saya datengin. isitimewanya dari Situ ini yaitu Batu Cinta, yang letaknya di tengah Situ. padahal batunya sih biasa aja (menurut saya) tapi ya gak tau kenapa disebut batu cinta. konon katanya, kalo kita kesana sama pasangan, nanti cinta kita bakal langgeng. jangan tanya sama saya lah ya bener gak-nya mitos ini, karna belom pernah nyoba jugak ;p

kami lumayan lama menghabiskan waktu di Situ Patengan. sempet ngopi2 dan tidur (ini sih cuma Om Ghobed & Koko Yum Ming aja ;p) dan pastinya sih foto2 dong yaaa :) karena pemandangan disini asli sayang banget kalo gak diabadikan. langitnya abu2 gitu, antara cerah sama mendung. air di danaunya berkilauan kena sisa2 cahaya matahari (sayang ini gak bisa kefoto). batu2 yang ada di pinggir dan tengah2 danau juga keren, bentuknya artistik. pokoknya kece deh :) kami juga sempat beli semacam souvenir di sana. actually, koko Yum Ming sih yang belanja banyak ;p

puas bermain-main di Situ Patengan, tepat pukul 16.30 kami beranjak pulang ke Bandung, ke kosan saya tepatnya. perjalanan pulang ke Bandung sama hebohnya. kalo berangkat jalannya menanjak, kalo pulang ya turunan (ya iyaaaalaaah ;p) jangan tanya deh macet atau gak, tau lah ya Bandung kalo weekend kondisi jalanannya gimanaaaa?

akhirnya, setelah 1,5 jam menempuh perjalanan dari kawasan Ciwidey, sekitar pukul 6 petang kami sampai di kosan saya. makan malam, merencanakan untuk lanjut ke Garut dan hunting night scene di kawasan Bandung kota malamnya, tapi karena satu dan lain hal, gagal. akhirnya malam itu kami istirahat dan mengubah tujuan perjalanan kami ke Tangkuban Perahu, sekalian pulang ke Jakarta, esok harinya.

telusur Jawa Barat masih berlanjut, saudara-saudara! cerita di hari kedua, juga gak kalah hore. tungguin yah :)




the bikers @ Kebun Teh Ciwidey, Bandung :)


ini mas Wahyu, di Situ Patengan. lihat langitnya, bagus yaaah? :) dan yang motret sayah :)




No comments:

Post a Comment